Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.dengan menggunakan marketspace penjual dan pembeli berinteraksi dalm dunia maya internet.
Meskipun tidak dibatasi dan bersifat global, market space ini mempunyai banyak keuntungan antara lain :
- Persaingan tanpa melihat modal,karena harga untuk membuat marketspace sangat murah bahkan gratis,contoh mya memasarkan produk menggunakan blog
- Tidak terkendala letak yang strategis,karena dalam marketspace internet yang diutamakan adalah kemudahan akses, menarik dan SEO yang bagus
- Meminimalisir biaya produksi
- Memudahkan dunia luas mendapatkan produk kita,karena internet telah digunkan lebih dari 2 milyar orang diseluruh dunia
- Memanjakan konsumen ,karena tanpa beranjak dari tempat duduknya konsumen dapat menjelajahi dan berbelanja via internet.
- Barang yang dijual lebih variatif.
- Pembeli terkadang lama dalam menerima barang hasil transakasi.
- Seringnya terjadi kejahatan internet.
- Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
- Consumer ( Konsumen).
- Seller ( Penjual).
- Barang (Berupa Fisik atau Digital)
- Front-End
- Mitra Bisnis ( Intermediaries)
- Dukungan Pelayanan (Support Services)
- Infrastruktur
- Back End
- Amazon.com
- E-bay.com
- Bhinneka.com
• Karakteristik Produk
– Tipe Produk
– Harga Produk
– Ketersediaan Standar Produk
– Informasi Produk
• Karakteristik Industri
– Diperlukan Broker
– Intellegent System boleh menggantikan Broker
• Karakteristik Penjual
– Konsumen akan mencari penjual dengan harga yang murah
– Volume Rendah dengan margin keuntungan transaksi yang lebih tinggi
• Karakteristik Pembeli
– Pembeli yang sesuai dengan selera
– Pembeli yang seperti pasien / selalu butuh
– Pembeli yang menganalisa
Kesimpulannya dengan adanya marketspace,banyak pengusaha yang diuntungkan dengan manfaat market space yang menggiurkan,apalagi prospek masa depan internet sebagai kendaraan marketspace yang sangat cerah
Pengertian E-Marketplace:
Suatu lokasi diInternet, di mana suatu perusahaan dapat memperoleh atau memberikan informasi,
mulai transaksi pekerjaan, atau bekerja sama dalam pekerjaan apapun.
Kelebihan marketplaces
- pembeli dan penjual bisa bertransaksi secara langsung.
- transaksi lebih jelas dan kecurangan dalam bisnis kemungkinannya kecil.
Kelemahan marketplaces:
- tidak efisien waktu dan tempat.
- pembeli dan penjual tidak bisa melakukannnya dalam jarak jauh, mereka harus bertemu langsung.
Jenis-jenis E-Marketplace:
- Private E-Marketplace : Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh satu perusahaan (Perusahaan tersebut mempunyai kendali atas setiap transaksi di dalam pasar tersebut)
Sebuah private e-marketplace dimana satu perusahaan menjual produk untuk perusahaan yang memenuhi syarat.
Buy-side E-Marketplace
Sebuah private e-marketplace dimana satu perusahaan membuat pembelian dari pemasok yang diundang
- Public E-Marketplace : Pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh pihak ketiga yang independen.
• ownership E-Marketspace
• Costs
• Ease To Use / Support
• Industry Fit
• Marketplace Participation
• Security / Privacy
• Other Sevice
• Process Integration
Jadi itulah penjelasan dan Perbedaan Antara MarketPlace & MarketSpare
Sumber:
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/120017-T%2025409-Pemasaran%20baru-Tinjauan%20literatur.pdf
http://budimultimedia.files.wordpress.com/2012/10/pertemuan-2.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar